Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiman sikap sosial melalui pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif delskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelnanaman sikap solsial mellalui pelmbellajaran IPS sudah melngarahkan siswa untuk saling tollolng melnollolng, belrtanggung jawab, belrsikap jujur dan solpan santun telrhadap selsama, namun masih telrdapat siswa belum melngelrti dan melmahami melngelnai sikap solsial telrselbut. Hal ini di tunjukkan delngan masih adanya siswa di kellas VIII SMP Plus Ja-alHaq Kolta Belngkulu yang kurang melnelrapkan sikap solsial dalam indikatolr keljujuran, relalitnya masih banyak siswa yang tidak mellaksanakan tanggung jawab, belgitu juga dalam indikatolr solpan satun dimana masih telrdapat siswa yang tidak melnelrapkan sikap solpan santun selpelrti melnggunakan bahasa yang tidak baik (belrbicara koltolr) baik di luar maupun di dalam prolsels pelmbellajaran. Simpulan penelitian ini bahwa penanaman sikap sosial melalui pembelajran IPS pada siswa dapat ditunjukkan melalui cara Guru IPS dalam melnanamkan sikap solsial, melalui prolsels Guru dalam melnanamkan sikap solsial dan mempraktikan sikap solsial pada siswa. Kata Kunci: Penanaman Sikap, Pendidikan, Sikap Sosial.
Copyrights © 2023