Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol. 7 No. 1 (2024): Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Strategi Pengelolaan Dana Desa bagi Kesejahteraan Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19

Sutrisno Sutrisno (Universitas Sebelas Maret)
Drajat Tri Karotono (Universitas Sebelas Maret Surakarta)
Argyo Demartoto (Universitas Sebelas Maret Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengelolaan Dana Desa bagi kesejahteraan masyarakat di Desa Klampok pada masa pandemi dan pasca covid 19. Penelitian ini yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa strategi pengelolaan Dana Desa di Desa Klampok melibatkan beberapa tahap, yaitu: perencanaan, pendanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi. Kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan melalui penggunaan Dana Desa (DD) seperti: Pemberian BLT dan Dana Desa memiliki dampak positif yaitu membantu meningkatkan pendapatan usaha. Selain itu, BUMDes dapat beroperasi setelah mendapatkan anggaran Dana Desa, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Dana pendidikan memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan sarana sekolah dan membantu siswa kurang mampu. Dana infrastruktur memberikan manfaat dalam perbaikan akses jalan bagi masyarakat setempat. Disimpulkan bahwa pemberian Dana Desa pasca COVID-19 secara efektif dapat mensejahterahkan masyarakat di Desa Klampok, menunjukkan bahwa pengelolaan Dana Desa yang baik dapat memberikan dampak positif terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat setempat. Kata Kunci: Dana Desa, Kesejahteraan Masyarakat, Pengelolaan, Strategi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...