Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan waktu yang dibutuhkan setiap pasien untuk mendapatkan pelayanan pada loket pengambilan obat di Puskesmas Seyegan, dan (2) mendeskripsikan tingkat keoptimalan sistem pelayanan pada loket pengambilan obat di Puskesmas Seyegan. Metode yang digunakan yaitu metode analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Seyegan selama sembilan hari pada bulan Maret . Data didapatkan dengan cara pengamatan secara langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) waktu yang dibutuhkan setiap pasien untuk mendapatkan pelayanan pada loket pengambilan obat di Puskesmas Seyegan rata-rata 36 menit setiap pasien, kemudian terjadi penumpukan antrean dikarenakan laju kedatangan lebih besar daripada laju pelayanan. (2) Sistem pelayanan yang sedang berjalan di Puskesmas Seyegan belum optimal dikarenakan waktu yang dihabiskan pasien untuk menunggu mendapatkan obat cukup lama yakni lebih dari tigapuluh menit agar mendapatkan obat.Kata kunci: Sistem Antrean, Single Channel Single Phase, Loket Pengambilan Obat, Puskesmas.
Copyrights © 2024