Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh kemampuan kognitif kimia dengan sikap sadar lingkungan siswa, serta untuk menganalisis hubungan tingkat kelas dengan sikap sadar lingkungan siswa SMA MIPA di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis survei dengan populasi sejumlah 5349 siswa dan diambil 390 siswa sebagai sampel. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan kognitif materi kimia lingkungan dan angket sikap sadar lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan kognitif kimia lingkungan dengan sikap sadar lingkungan siswa secara signifikan dengan nilai koefisien korelasi 0,119. Adapun pengaruh kemampuan kognitif kimia lingkungan terhadap sikap sadar lingkungan memiliki kontribusi sebesar 3,4%, sedangkan tingkat kelas memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,135 terhadap sikap sadar lingkungan siswa. Secara berurutan, perbedaan antara tingkat kelas dengan sikap sadar lingkungan dan kemampuan kognitif kimia lingkungan siswa siswa dimulai dari urutan terendah yaitu kelas X, XI, dan XII.
Copyrights © 2024