Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI ASAM BASA DENGAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE TEST MENGGUNAKAN CERTAINTY RESPONSE INDEX

Lumadya, Sih Agung (Unknown)
Wiyarsi, Antuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Soal tes bertingkat dapat digunakan untuk menentukan tingkat pemahaman siswa pada materi asam basa. Salah satu kategori pemahaman siswa dapat diketahui dari tingkat miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan profil tingkat pemahaman siswa kelas XII pada materi asam basa, menentukan persentase miskonsepsi tiap topik asam basa, dan menentukan profil miskonsepsi siswa kelas XII pada materi asam basa. Penelitian dilakukan di empat SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo pada bulan November 2023 dengan responden sejumlah 264 siswa. Instrumen penelitian menggunakan three-tier multiple choice test dengan Certainty Response Index (CRI) yang terdiri dari 17 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 42,80% siswa tidak paham konsep asam basa dan 36,83% lainnya mengalami miskonsepsi. Persentase miskonsepsi terbesar teridentifikasi pada konsep perhitungan pH asam basa sebesar 41,67% dan konsep asam basa 39,90%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...