Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL KIMIA SISWA

Nurhananti, Dinda Aryuni (Unknown)
Sunarto, Sunarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model cooperative learning tipe group investigation (GI) terhadap kemampuan spasial kimia siswa, serta menganalisis perubahan kemampuan spasial kimia siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada materi geometri molekul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas penelitian yang melibatkan 72 siswa. Data dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test untuk menganalisis pengaruh penerapan cooperative learning tipe GI dan uji Wilcoxon digunakan untuk menganalisis perubahan kemampuan spasial kimia siswa pada sebelum dan sesudah adanya penerapan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan spasial kimia siswa yang menerapkan cooperative learning tipe GI. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan spasial kimia siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan spasial kimia siswa SMA pada materi geometri molekul.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...