Penelitian ini dilandasi oleh ketidakberhasilan dalam pembelajaran matematika dengan metode diskusi dengan kelompok heterogen, didapat bahwa dalam pelaksanaan diskusi kelompok lebih didominasi oleh peserta didik yang memiliki kemampuan tingkat atas saja, sedangkan peserta didik dengan kemampuan tingkat menengah ke bawah cenderung tidak aktif selama proses diskusi. Penggunaan pendekataan Teaching at the Right Level dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan cara mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan mereka agar diskusi kelompok dapat lebih aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif, yang mana penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara mahasiswa dan guru kelas. Berdasarkan hasil analisis, didapat klasifikasi peserta didik terbagi menjadi 2 tingkatan yaitu tingkat tinggi dan tingkat rendah yang terdistribusi masing-masing sebanyak 3 kelompok. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan didapat bahwa dengan penggunaan pendekatan Teaching at the Right Level terjadi peningkatan dalam aktivitas belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan yang terjadi sebesar 8,33% dengan distribusi peningkatan yang terjadi pada aspek keaktifan dalam berdiskusi, mengemukakan pendapat, dan mendengarkan informasi yang diberikan pendidik. Namun terjadi penurunan dalam aspek memperhatikan presentasi kelompok lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024