Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil implementasi Kurikulum 2013 di SMA Plus Bahrul Ulum Sungailiat Bangka, upaya-upaya yang dilakukan serta tantangan yang dihadapi guru dalam pengajaran di kelas oleh guru bahasa Arab pada penerapan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif jenis studi kasus melalui teknik pengumpulan data, observasi terhadap proses belajar mengajar, dan wawancara terhadap guru bahasa Arab. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 di SMA Plus Bahrul Ulum Sungailiat Bangka telah dilaksanakan dan memperoleh peningkatan kualitas belajar, partisipasi siswa, keterlibatan orang tua dan masyarakat, evaluasi dan penyesuaian, serta pengembangan kompetensi siswa secara holistik. Beberapa upaya yang dilakukan dalam pengembangan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab adalah menyesuaikan pembelajaran dengan standar kompetensi, menggunakan pendekatan langsung dan berpusat, mengembangkan bahan ajar yang bervariasi, menerapkan pembelajaran berbasis proyek, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, menerapkan penilaian autentik, dan berkolaborasi dengan guru dan staf sekolah. Adapun tantangan yang dihadapi pada implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas adalah cakupan materi yang lebih luas, kemampuan siswa yang beragam, pengembangan materi dan sumber daya yang minim, penilaian langsung, dan pelatihan serta pengembangan profesional.
Copyrights © 2024