Pendidikan transformatif sangat diperlukan kehadirannya, khsususnya pada masyarakat Desa agar dapat berpartisipasi aktif dalam melakukan kegiatan pembangunan di perdesaan dengan tetap memperhatikan aspek-aspek keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap latar belakang pelaksanaan pendidikan transformatif serta aplikasinya dalam kehidupan masyarakat Desa Bulutellue. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mana data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara, kemudian dipilih dan dianalisis berdasarkan permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan transformatif diprakarsai oleh para Ustaz yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Islam bukan hanya menyangkut tata cara peribadatan, tetapi juga berkaitan dengan muamalah. Pendidikan transformatif telah berhasil merubah pikiran dan tingkah laku masyarakat Desa Bulutellue yang berkaitan dengan urusan keagamaan.
Copyrights © 2024