Globalisasi merupakan terhubungnya satu negara dengan negara lain dalam aspek ekonomi, budaya, politik, teknologi dan sebagainya. Globalisasi memberikan dampak negatif yaitu menurunnya moralitas generasi penerus bangsa. Maka dari itu pendidikan karakter adalah jawaban untuk mengatasi masalah tersebut. Krisis karakter dan moralitas ditandai oleh meningkatnya kejahatan seperti penyalahgunaan narkoba dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beragam jenis upaya dalam membentuk karakter peserta didik. Diharapkan hasil penelitian dapat bermanfaat untuk menyadarkan para pembaca mengenai pentingnya pendidikan karakter dalam menghadapi globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka. Kajian pustaka digunakan dalam penelitian ini diantaranya menggunakan berbagai referensi dari artikel jurnal sehingga dapat mendukung berbagai informasi dalam tulisan ini. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan karakter dapat diajarkan pada peserta didik melalui pendidikan kewarganegaraan, karena pelajaran PKN memberikan perhatian lebih pada siswa di bidang karakter. Karakter generasi muda bangsa Indonesia harus sesuai dengan pancasila, mulai dari sila Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan dan keadilan sosial. Mendidik karakter siswa menjadi kewajiban guru apabila masih berada dalam lingkungan sekolah, namun saat sudah dirumah menjadi kewajiban orang tua untuk mendidik dan memberikan contoh yang baik pada anak. Kesimpulan yang didapat yaitu karakter peserta didik selaku generasi penerus bangsa harus sejalan dengan pancasila, sehingga peserta didik akan mampu mengetahui yang baik dan buruk dari adanya globalisasi. Diharapkan generasi anak bangsa yang berkarakter pancasilais mampu memajukan bangsa Indonesia.
Copyrights © 2022