Dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran di dalam kelas tidak terlepas adanya pengaruh pemilihan pendekatan pembelajaran yang di gunakan atau dipakai oleh seorang guru guna untuk dapat mengaktifkan siswa dalam suatu proses pembelajaran. Dengan demikian dalam menentukan model, metode dan pendekatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran terutama dalam pendidikan PPKn tidak dapat dilakukan secara sembarangan, banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan harus di pertimbangkan dalam upaya meningkatkan pengetahuan, nilai, keaktifan dan karakter siswa. Pendidikan PPKn beresensikan pada pendidikan nilai, yang terfokus pada pengembangan moral dan sikap prilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui Pengaruh Pembelajaran Moral Reasoning Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas XI di SMA Dua Mei. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dapat dilihat dari output dari Uji Independent sample T-test untuk data homogen menggunakan nilai Equal variances assumed. Dari tabel 4.5 maka dapat dilihat bahwa nilai (Sig(2-tailed) adalah 0,000 kemudian dengan tingkat signifikansi 5% atau 0.05. Maka 0,000 < 0,05 dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai selisih Mean difference = 19.088 antara kelompok belajar eksperimen dengan model moral reasoning dan kelompok belajar kontrol dengan model ceramah artinya ada perbedaan nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka berdasarkan hasil tersebut menandakan bahwa hasil hipotesis yang diajukan peneliti bahwa terdapat pengaruh moral reasoning terhadap hasil belajar PPKn kelas XI diterima.Kata Kunci : Moral Reasoning, PPKn, Hasil Belajar
Copyrights © 2024