Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa Vol.4 No.2 September 2024

Pengaruh Game Online Terhadap Nilai-nilai Kesopanan Remaja Di RT 003 RW 008 Kel. Parung Serab

Mu Zijat, Angga Firdaus (Unknown)
Sulastri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2024

Abstract

Game online menjadi permainan yang sangat digamari oleh banyak pengguna, game online dapat dilakukan oleh 2 orang tanpa bertemu, dengan menggunakan jaringan internet dan perangkat elektronik lainnya. Tidak sedikit pemain bermain game online secara berulang-ulang sehingga dapat dikatakan sebagai kecanduan game online. Penggunaan game online banyak terjadi dikalangan remaja. Jika dilakukan secara berlebihan game online akan mempengaruhi beberapa aspek kehidupan manusia, salah satunya kesopanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Game Online Terhadap Nilai-nilai Kesopanan Remaja Di RT003 RW008 Kel. Parung Serab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dan teknik analisis menggunakan regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis. Sample pada penelitian ini adalah 30 remeja RT003 RW008 Kel. Parung Serab. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan kuesioner berupa angket. Hasil uji f secara simultan dengan nilai F hitung > F tabel atau 37,750 > 3,354, hal ini juga diperkuat dengan ρ value < Sig. 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis diterima, artinya secara simultan intensitas bermain game online berpengaruh signifikan terhadap kesopanan remaja di RT003 RW008 Kel. Parung Serab. Hasil uji t secara parsial diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 6,144 > 2,048, hal ini juga di perkuat dengan ρ value < Sig. 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis diterima, artinya secara parsial intensitas bermain game online berpengaruh signifikan terhadap kesopanan remaja di RT003 RW008 Kel. Parung Serab. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,574 maka variabel intensitas bermain game online terhadap kesopanan remaja berpengaruh positif sebesar 57,4% sedangkan sisanya 42,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak dilakukan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMKB

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal hasil penelitian Mahasiswa yang dihasilkan dari Skripsi Mahasiswa yang telah diujikan dihadapan dosen penguji. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan Seoetember. Judul: Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa (JMKB) Tagline: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa dalam Cabang ...