JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 12 No 3 (2024): Vol 12 No 3 September 2024

MENINGKATKAN REVISIT INTENTION PADA WISATA MUSEUM KOTA SURABAYA MELALUI STRATEGI PEMASARAN

Citra Anggraini Tresyanto (Unknown)
Stephanie Astrid Ayu (Unknown)
Alessandro Franciscus Pangalila (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Museum merupakan obyek wisata yang seringkali terabaikan dari daftar obyek wisata para wisatawan, baik lokal maupun asing. Sedikit program pariwisata yang memberikan waktu kunjungan khusus ke museum. Keberadaan deretan museum yang ada di Kota Surabaya, harusnya cukup dapat menarik kunjungan wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk suatu strategi yang tepat untuk dapat menarik pengunjung. Tidak hanya sekedar menciptakan kepuasan namun juga menciptakan minat untuk mengunjungi kembali obyek museum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengolahan 100 data pengunjung melalui sistem PLS. Hasil analisis terbukti adanya pengaruh signifikan secara langsung dan memediasi antara experiential marketing terhadap tourist satisfaction dan revisit intention. Sedangkan service innovation tidak memberikan pengaruh terhadap penciptaan tourist satisfaction dan revisit intention. Hasil ini dapat memberikan suatu gambaran yang penting bagi pengelola museum untuk dapat menghadirkan museum experience bagi para pengunjung melalui layanan dan program kunjungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...