Komsospol
Vol 3 No 2 (2023): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2023

REPRESENTASI GAP GENERASI DALAM IKLAN IM3 “NYATAKAN SILATURAHIM”

Kadri, Wahab Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi gap generasi dalam iklan IM3 "Nyatakan Silaturahim" dengan fokus pada dinamika interaksi antargenerasi dalam konteks keluarga serta implikasinya terhadap hubungan keluarga dan integrasi sosial di masyarakat. Penelitian ini dipilih karena fenomena gap generasi memiliki dampak yang signifikan terhadap dinamika sosial, komunikasi, dan hubungan keluarga. Metode analisis yang digunakan mengadopsi pendekatan "Meaning and Media", yang menggabungkan prinsip-prinsip semiotika, strukturalisme, serta konsep denotasi dan konotasi untuk menganalisis makna yang terkandung dalam media. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap iklan, metode dokumentasi, dan studi kepustakaan. Temuan utama menunjukkan bahwa iklan tersebut berhasil menyampaikan pesan bahwa interaksi antargenerasi merupakan aspek yang berharga dan patut dipertahankan dalam lingkup keluarga maupun masyarakat secara luas. Dinamika interaksi antargenerasi memiliki implikasi yang signifikan terhadap pembentukan hubungan keluarga yang lebih solid dan harmonis, serta integrasi sosial di masyarakat. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkaya pemahaman tentang pentingnya interaksi antargenerasi dalam memperkuat hubungan keluarga dan menciptakan lingkungan sosial yang lebih inklusif. Kesimpulan penelitian ini menegaskan signifikansi bahwa interaksi antargenerasi dapat menjadi sumber pembelajaran bersama, meningkatkan toleransi, memperkuat ikatan keluarga, dan menciptakan lingkungan belajar yang saling mendukung di antara generasi-generasi dalam masyarakat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

komsospol

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

KOMSOSPOL journal publishes original research and/or library analysis on Communication Studies which focuses on the study of: Media, Journalism, Public Relations, Broadcasting, Corporate Social Responsibility (CSR), Content analysis and framing, libraries and information, Marketing Communication, ...