Civics Education And Social Science Journal (CESSJ)
Vol. 2 No. 2 (2020)

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH DARING DAN SOLUSINYA DI MASAPANDEMI COVID 19 DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA KELAS X DI SMA VETERAN 1 SUKOHARJO TAHUNPEMBELAJARAN2020-2021

SW, Yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran daring dan solusinya dalam masa pandemic covid 19 dalam perspektif pendidikan karakter bagi siswa kelas X di SMA Veteran 1 Sukoharjo TahunPembelajaran2020-2021. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitiannya: guru bidang Studi sejarahdan siswa kelas X di SMA Veteran 1 Sukoharjo Tahun Pembelajaran 2020-2021, objek penelitiannya adalah pembelajaran sejarah daring,  dan pendidikan karakter. Metode pengumpulan data menggunakan: wawancara dengan aplikasi google form, WA  dan dokumntasi. Validitas data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian: berdasarkan informasi yang diperoleh dari gurubidang studi sejarah maupun dari siswa kelas X di SMA Veteran 1 Sukoharjo diperoleh informasi; berbagai problema yang dihadapi guruBidang Studi Sejarah dan siswa  dalam pembelajaran sejarah daring di masa pandemic covid 19 adalah sebagai berikut: koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya penguasaan aplikasi yang digunakan dan sering error, dukungan HP yang tidak kurang mendukung aplikasi, pengembangan bahan ajar kurang maksimal, penerapan metode dan media kurang variatif, kurang dapat mnjangkau nilai-nilai karakter secara maksimal, pengumpulan tugas tidak tepat waktu, merepotkan orang tua dalam mendampingi belajar pitra putrinya karena orang tua kurang memahami IT. Simpulannya bahwa problematika pembelajaran sejarah  daring dalam perspektif pendidikan karakter sangat kompleks, dan harus dicarikan solusinya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cessj

Publisher

Subject

Education

Description

CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara. CESSJ memiliki scope teori dan praktik pendidikan ...