Civics Education And Social Science Journal (CESSJ)
Vol. 3 No. 1 (2021)

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SDN 04 PAYARAMAN

Gani, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif sebagai alternatif pemecahan masalah rendahnya nilai siswa di SDN 04 Payaraman Kecamatan  Payaraman Kabupaten Ogan Ilir .PTS dilakukan melalui suvervisi terhadap guru-guru yang ada di SDN 04 Payaraman. Subjek dri penelitian ini adalah seluruh guru-guru SDN 04 Payaraman. Supervisi disini diartikan sebagai supervisi yang lebih menitik beratkan kepada pengamatan supervisi pada asfek administratif dan berfungsi sebagai pendukung kelancaran pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Adapun yang menjadi acuan berkembangnya tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah : a)Mengetahui kompetensi profesionalisasi, b)Merefleksikan profesinya dalam kehidupan sehari-hari, c)Secara administratif guru mampu memanfaatkan dan menggunakannya dalam tugas keseharian di lapangan. Kegiatan penelitian dilakukan melalui suatu pendekatan observasi dengan menggunakan instrumen pengamatan, survey serta prosedur penelitian yang langkah-langkahnya :1)Perencanaan, 2)Pelaksanaan tindakan, 3)Observasi, 4)Refleksi. Dari kajian di atas, dihasilkan bahwa kompetensi profesional guru dalam pengerjaan administrasi pembelajaran yang dilakukan guru disinyalir belum maksimal. Dan setelah dilakukan penelitian tindakan sekolah melalui tahapan siklus terdapat kontribusi positif yang cukup signifikant hal ini dibuktikan dengan prosentasi hasil supervisi akademik skor rata – rata sbb :1),Siklus satu menunjukan rata-rata 68,04% , 2)Siklus dua memperlihatkan peningkatan dengan angka rata-rata 94,00%. Artinya perubahannya memiliki konstribusi yang cukup signifikan, karenanya penelitian ini dapat memperoleh manfaat yang cukup baik pula. Kata kunci : Kinerja Guru, Supervisi Akademik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cessj

Publisher

Subject

Education

Description

CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara. CESSJ memiliki scope teori dan praktik pendidikan ...