Penelitian ini bertujuan untuk menganalsis penerapam model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas XI Sosiologi 1 di SMA Negeri 5 Soppeng.  Jenis penelitian yang digunakan adalan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan  di dalam kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas XI Sosiologi 1 semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 33 orang peserta didik. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus pembelajaran, teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran sosiologi dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar peserta didik pada siklus 1 hanya sebanyak 2.47 dimana angka tersebut masuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada siklus 2 motivasi belajar peserta didik telah mengalami pengingkatan menjadi 2.72 dimana angka tersebut masuk dalam kategori tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023