Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol. 11, No. 1, 2023

Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi

Gunawan, Gunawan (Unknown)
Halimah, Halimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalsis penerapam model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas XI Sosiologi 1 di SMA Negeri 5 Soppeng.  Jenis penelitian yang digunakan adalan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan  di dalam kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas XI Sosiologi 1 semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 33 orang peserta didik. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus pembelajaran, teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran sosiologi dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar peserta didik pada siklus 1 hanya sebanyak 2.47 dimana angka tersebut masuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada siklus 2 motivasi belajar peserta didik telah mengalami pengingkatan menjadi 2.72 dimana angka tersebut masuk dalam kategori tinggi.

Copyrights © 2023