Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran pembelajaran sudut menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Sekolah Menengah Pertama yang ditinjau dari dua aspek yaitu: aktivitas siswa selama pembelajaran, respon atau sikap siswa pada pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 18 Palembang yang terdiri dari 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, serta dokumen untuk mengetahui hasil kerja Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) saat proses pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa. Dari analisis data disimpulkan bahwa hasil observasi menunjukkan semua siswa aktif mengikuti pembelaran dengan baik. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil observasi menunjukkan semua siswa aktif mengikuti pembelajaran dengan baik. Dari hasil kerja siswa pada LKPD dan latihan menunjukkan bahwa semua siswa mampu menyelesaikan pembelajaran materi sudut dengan rata-rata 84,75 termasuk kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi keterlaksanaan guru dalam proses pembelajaran mulai pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup sudah terlaksana dengan baik.
Copyrights © 2023