Penelitian ini bertujuan menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) untuk pembelajaran bangun datar bagi siswa autis menggunakan pendekatan PMRI. Metode yang digunakan adalah design research tipe validation study, yang mencakup preparing for experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Implementasi HLT dilakukan pada 6 siswa autis kelas VII SLB Bina Autis Mandiri Palembang dan seorang guru matematika. Peneliti bertindak sebagai guru model, sedangkan guru lain sebagai observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan HLT yang telah dirancang, siswa dapat menghubungkan dan membentuk bangun datar dengan bantuan alat bantu visual dan pendekatan kontekstual. Namun, masih terdapat kesenjangan pemahaman pada beberapa siswa yang memerlukan bimbingan tambahan. Oleh karena itu, saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambahkan variasi contoh bangun datar dan menggunakan konteks yang lebih beragam.
Copyrights © 2024