AGROTEKBIS: Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 12 No 4 (2024): Agustus

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERMINTAAN KONSUMEN PISANG RAJA DI PASAR TRADISIONAL MASOMBA KOTA PALU

Wulandari, Nadya (Unknown)
Laapo, Alimuddin (Unknown)
Muhsin, Karlina (Unknown)
Adam, Adinda Elfara Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi permintaan konsumen pisang raja di pasar tradisinal Masomba Kota Palu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2022 hingga Agustus 2022. Penentuan responden dilakukan menggunakan sampling aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 konsumen pisang raja. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan uji F (Simultan) dan uji t (Parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F-hitung (18.584) > F-tabel (2.62) berarti secara bersama-sama semua variabel yaitu variabel harga pisang raja, harga pisang kepok, pendapatan, jumlah tanggungan keluarga dan selera, memberikan pengaruh nyata terhadap permintaan pisang raja di pasar tradisinal Masomba Kota Palu. Secara parsial (uji t) variabel harga pisang raja, pendapatan, jumlah tanggungan, dan selera dengan nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat kesalahan sebesar 5% memberikan pengaruh nyata terhadap permintaan pisang raja di pasar tradisinal Masomba Kota Palu. Sedangkan variabel harga pisang kepok dengan nilai signifikansi lebih besar dari tingkat kesalahan sebesar 5% tidak memberikan pengaruh nyata terhadap permintaan pisang raja di pasar tradisinal Masomba Kota Palu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

agrotekbis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian dibidang pertanian, khususnya teknik pertanian (agroteknologi) dan agribisnis. Jurnal diterbitkan secara online (E-Jurnal) dengan terbit 6 edisi selama setahun. Jurnal ini juga sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian ...