Penelitian ini bermula dari rendahnya pemahaman masyarakat tentang Pegadaian Syariah, yang disebabkan oleh mayoritas pengguna layanan keuangan Pegadaian berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah. Umumnya, mereka tidak memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, sehingga pemahaman mereka mengenai Pegadaian Syariah masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah populasi sebanyak 822.750 orang dan menggunakan sampel slovin sehingga diperoleh 100 responden. Hasil penelitian ini membuktikan berdasarkan perhitungan uji regresi linier sederhana, Koefisien regresi Xsebesar 0,784memberikan arti bahwa Tingkat Pemahaman Masyarakat (X) berpengaruh Positif terhadap Produk Pegadaian Syariah (Y). Hal ini menunjukkan bahwa dengan meningkatnya Tingkat Pemahaman Masyarakat, makaterjadi peningkatan pada Produk Pegadaian Syariah. Sebaliknya, jika Tingkat Pemahaman Masyarakat menurun, makaterjadi penurunan pada Produk Pegadaian Syariah.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipoteisis diterima dikarenakan Tingkat Pemahaman Masyarakat (X) dengan Nilai thitung (12.608) > ttabel (1.984) serta nilai signifikannya (0,000) < (0,05) sehingga terbukti bahwa varibel Tingkat Pemahaman Masyarakat berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Produk Pegadaian Syariah, maka pada tingkat kekeliruan 5% dinyatakan untuk hipotesis diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023