JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI
Vol. 1 No. 2 (2024): Mei

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO SERVIS HP CEMERLANG

Steven Fernandi Wong (Unknown)
Andi Amri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Servis HP Cemerlang, Balikpapan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data dari kuesioner kepada pelanggan pada Mei 2024. Instrumen dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai r hitung > r tabel, dan Cronbach’s Alpha > 0.6. Data residual berdistribusi normal berdasarkan uji Kolmogorov-Smirnov (signifikansi 0.085 > 0.05). Nilai R Square yang dihasilkan dari analisis regresi linear sederhana sebesar 0.267, berarti 26.7% variasi dalam keputusan pembelian dijelaskan oleh kualitas pelayanan. Persamaan regresi: Y = 11.369 + 0.507X, mengindikasikan setiap peningkatan satu unit kualitas pelayanan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0.507 unit. Uji t menunjukkan pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (t hitung 3.960, signifikansi < 0.001). Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya kualitas pelayanan dalam mempengaruhi keputusan pembelian, dengan saran untuk peningkatan kualitas pelayanan melalui pelatihan karyawan, pembaruan fasilitas, dan sistem penanganan keluhan yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrme

Publisher

Subject

Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Social Sciences

Description

JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRME) berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada ...