JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA SISWA DI SDN 4 SAMBIK BANGKOL

Arianti, Fina (Unknown)
Istanti Suwandayani, Beti (Unknown)
Mukhlishina, Innany (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan, kendala dan upaya yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di SDN 4 Sambik Bangkol Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Pembentukan karakter religius melalui pendidikan dan pembiasaan perilaku religi di sekolah dilakukan melalui kegiatan keagamaan seperti berdoa sebelum belajar dan sebelum pulang sekolah, Imtaq rutin setiap hari Jumat, Dan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) seperti mengadakan lomba menulis kaligrafi dan lomba Gerakan sholat. (2) Kendala yang dihadapi dalam pembentukan karakter religius melalui Pendidikan dan pembiasaan perilaku keagamaan di sekolah dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal yang meliputi perilaku bawaan dalam diri siswa dan faktor eksternal yang meliputi kurang optimalnya pengkondisian kepada siswa saat kegiatan berlangsung, latar belakang pendidikan siswa, perbedaan pola asuh atau kepedulian terhadap orang tua, teman sebaya, dan infrastruktur; (3) Solusi untuk mengatasi hambatan pembentukan karakter religius melalui pendidikan dan pembiasaan perilaku keagamaan di sekolah, yaitu dengan melakukan sosialisasi pentingnya pendidikan karakter, kedisiplinan, pemberian penghargaan kepada siswa dan penambahan sarana dan prasarana.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...