JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE LEARNING CELL PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI ROMPO KABUPATEN BIMA

Nurlailah (Unknown)
Adwiah, Rabiatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV SD Negeri Rompo Kabupaten Bima dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Cell. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV yang berjumlah 24 orang peserta didik. Penelitian dilakukan selama 2 siklus yang pada setiap siklusnya memiliki empat komponen didalamnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, angket,observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran Learning Cell dapat meningkatkan kemampuan membaca Pemahaman peserta didik pada setiap siklusnya. Pada siklus I pencapaian nilai rata-rata 69.04% dengan rincian 15 siswa atau 63% yang nilainya mencapai KKM, dan 9 peserta didik atau 38% yang belum mencapai KKM. Agar semua peserta didik dapat mencapai KKM maka penelitian dilanjutkan pada siklus II yang pencapaian nilai rata-rata 87.88% dengan rincian 22 peserta didik atau 92% yang mencapai KKM dan 2 orang peserta didik atau 8% yang belum mencapai KKM. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Leraning Cell dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonsia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...