Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema
Vol. 7 No. 1 (2024): September 2024

Live Streaming TikTok sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital TMade Artisan Souvenir

Maulani, Izni Nur Indrawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Fitur live streaming TikTok dua tahun belakang ini mulai digunakan sebagai media komunikasi pemasaran digital untuk mempromosikan produk jualan kepada followers. Hal ini membuat TMADE, sebagai salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang bergerak di industri kreatif, juga memanfaatkan live streaming TikTok sebagai media komunikasi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan pemanfaatan live streaming TikTok sebagai media komunikasi pemasaran digital oleh TMADE. Studi kasus dengan metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan TMADE menyusun perencanaan pemasaran produknya, yaitu menentukan target khalayak sasaran, menyusun jenis aktivitas pemasaran produknya, melaksanakan aktivitas pemasarannya, mem-posting konten dan evaluasi. Aktivitas komunikasi pemasaran digitalnya melalui iklan, promosi penjualan, publisitas, pemasaran interaktif, dan antara penjualan personal. Pemanfaatan live streaming-nya yaitu dengan terciptanya ikatan/interaksi penjual-audiens, meningkatkan brand awareness, sarana bagi target pasar agar memiliki pengalaman berbelanja berbeda, serta menampilkan detail produk dan stok yang tersedia, memperagakan penggunaan produk, serta menyampaikan manfaat produknya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pikma

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema adalah publikasi ilmiah yang pertama kali terbit pada tahun 2018. Jurnal PIKMA dipublikasikan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta. Selain itu, Jurnal PIKMA diterbitkan dua kali dalam ...