Manual Brew Community (MBC) sebagai sebuah komunitas memiliki aktivitas di dunia nyata dan dunia maya. Penelitian ini akan menganalisis perilaku digital MBC sebagai sebuah komunitas. Perilaku digital MBC di Instagram dan YouTube dijadikan sebagai objek penelitian melalui metode kualitatif dengan pendekatan netnografi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merekam dan menemukan pola aktivitas komunikasi digital MBC, sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam mengelola akun media sosial lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik indeks data online dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik tipologi, kategorisasi, dan interpretasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas digital MBC didesain bukan untuk mengembangkan komunitas melainkan berkonsentrasi pada penyelenggaraan kompetisi. MBC tidak memiliki karakteristik komunikasi digital yang sengaja dibangun untuk mendapatkan wajah komunitas tertentu melalui media sosialnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024