Bandung Conference Series : Islamic Broadcast Communication
Vol. 4 No. 2 (2024): Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication

Metode Dakwah Digital dalam Konten Motivasi Hidup di Akun Instagram @alfatahar_

Izza Meisya Shamilya Lukman (Unknown)
Rodliyah Khuza’i (Unknown)
Sausan M. Sholeh (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Abstract. The dynamics experienced by adolescents aged 18-25 years include weakening faith or loss of life motivation. The power of social media has a positive impact on those who use it well to provide solutions to the problems faced by adolescents. This is exemplified by @alfatahar_ on his Instagram account. This research was conducted to find out the digital da'wah method in the life motivation content on the Instagram account @alfatahar_ and the background of its creation. The data collection technique used was an interview with one informant. This research discusses the digital da'wah method with a qualitative approach using Victor H. Vroom's theory of motivation called the Expectancy Theory, which explains that motivation is the result of what someone wants to achieve and the individual's estimation that their actions will lead to the desired outcome. The research results show that 1) the da'wah content created by @alfatahar_ revolves around self-development and self-reminders, viral topics on social media, and issues in adolescent life, packaged in the form of videos (reels), 2) using a digital da'wah method that aligns with its target audience, namely adolescents aged 18-25 years, 3) the background of @alfatahar_ creating life motivation content is based on personal experience. Abstrak. Dinamika yang dialami remaja usia 18 – 25 tahun, di antaranya mengalami lemahnya iman atau kehilangan motivasi hidup. Kekuatan media sosial membawa dampak positif bagi yang memanfaatkannya dengan baik untuk menghadirkan solusi terhadap masalah yang dihadapi remaja. Seperti yang dilakukan @alfatahar_ dalam akun Instagramnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode dakwah digital dalam konten motivasi hidup di akun Instagram @alfatahar_ beserta latar belakang pembuatannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara kepada satu informan. Penelitian ini membahas tentang metode dakwah digital dengan metode kualitatif menggunakan teori Victor H. Vroom tentang motivasi yang disebut dengan Teori Harapan, menjelaskan bahwa motivasi merupakan akibat suatu hasil dari yang ingin dicapai oleh seseorang dan perkiraan yang bersangkutan bahwa tindakannya akan mengarah kepada hasil yang diinginkannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) konten dakwah yang dibuat oleh @alfatahar_ seputar pengembangan diri dan pengingat diri, hal yang sedang viral di media sosial, serta permasalahan pada kehidupan remaja yang dikemas dalam bentuk video (reels), 2) menggunakan metode dakwah digital yang menyesuaikan dengan target sasarannya, yaitu remaja usia 18 – 25 tahun, 3) latar belakang @alfatahar_ membuat konten motivasi hidup adalah berdasarkan pengalaman pribadinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BCSIBC

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Bandung Conference Series Islamic Broadcast Communication (BCSIBC) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Komunikasi Penyiaran Islam dengan ruang lingkup Akhlak Komunikasi Dakwah, Aqidah Komunikasi Dakwah, Beribadah Dakwah, Bulletin Dakwah, ...