Socius: Social Sciences Research Journal
Vol 1, No 12 (2024): July

Peran Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu/Tuli) di SLB B Negeri Tulungagung

Ramadhan, Alditiyo Kelvin (Unknown)
Anasrulloh, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Motivasi belajar adalah salah satu komponen yang mempengaruhi seberapa efektif pembelajaran. Peserta didik akan belajar dengan serius jika mereka sangat termotivasi untuk belajar. Motivasi dalam belajar berfungsi sebagai pendorong dan mengarahkan tindakan serta memilih tujuan belajar yang dianggap paling bermanfaat bagi kehidupan individu. Para ahli sepakat bahwa elemen-elemen yang memengaruhi dan memandu perilaku adalah fokus dari teori motivasi. Anak tunarungu/tuli adalah individu yang mengalami kesulitan dalam mendengar yang disebabkan oleh tidak berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendengaran, oleh sehingga mereka mengalami kesulitan dalam menggunakan indera pendengarannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif dengan naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisii yang alamiah (natural setting) disebut juga sebagai metode etnografi komunikasi secara holistik, karena pada awlanya metode ini lebih banyak digunakan untuk penelitian mencakup beragan aspek beserta hubungan. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran yang efektif hanya dapat terjadi apabila peserta didik berinteraksi dengan guru mereka dan belajar secara aktif. Dengan berdasarkan hasil observasi yang telah diperoleh peneliti di lapangan ada beberapa yang respon peserta didik terhadap pembelajaran bahasa indonesia, matematika, ipa dan pembelajaran vokasi karena mereka menyenangkan sehingga meningkat semangat dan belajar, (2) Motivasi belajar yang ditujuan oleh peserta didik anak berkebutuhan khusus bahkan anak yang termotivasi lebih semangat dalam pelajaran di lingkungan SLB B Negeri Tulungagung.               

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Socius

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial is a multi and interdisciplinary peer-reviewed academic research journal serving the broad social sciences community. The journal welcomes excellent contributions that advance our understanding on a broad range of topics including anthropology, sociology, ...