DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol. 4 No. 2: JULI 2024

Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Pembimbing Lapangan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Prodi Sistem Informasi Universitas Terbuka

Nurdiana, Dian (Unknown)
Aprijani, Dwi Astuti (Unknown)
Amastini, Fitria (Unknown)
Maulana, Muhamad Riyan (Unknown)
Utama, Moh. Rizky Putra Aji (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan wawasan mahasiswa serta memperkenalkan mereka dengan dunia kerja. Pada pelaksanaan PKL di Prodi Sistem Informasi mahasiswa didampingi oleh pembimbing lapangan dan pelaksanaannya tersebar di seluruh Indonesia. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala seperti pengumpulan data lapangan, pelaporan PKL, dan notifikasi pembayaran honor pembimbing lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu dalam pelaksanaan PKL. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, sedangkan metode yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak menggunakan Waterfall yang terdiri dari empat tahap, yaitu analisis kebutuhan, desain aplikasi, implementasi dan pengujian aplikasi, serta evaluasi dan pemeliharaan. Hasil penelitian mencakup implementasi sukses sistem informasi yang mengatasi kendala-kendala tersebut. Pengujian perangkat lunak dengan Black Box Testing menunjukkan keberhasilan fungsi aplikasi sebanyak 100%. Sementara hasil pengujian performa website memperoleh skor 43%, menunjukkan efisiensi dalam memuat dan merespons permintaan pengguna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem informasi yang diimplementasikan tidak hanya mengatasi kendala praktis, tetapi juga memberikan kontribusi berarti pada manajemen PKL di Program Studi Sistem Informasi Universitas Terbuka. Temuan tersebut diharapkan memberikan wawasan tambahan dan membimbing penelitian selanjutnya di bidang ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

decode

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi adalah jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari. Terbitan dimulai pada bulan Maret 2021 dalam bentuk versi online. Jurnal ini terbit 2 kali setahun yaitu periode Maret dan ...