DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol. 4 No. 2: JULI 2024

Komparasi Metode WASPAS dan SAW Dalam Evaluasi Kinerja Guru Di Pondok Pesantren Darul Kamilin

Pratiwi, Baiq Evi (Unknown)
Fadli, Sofiansyah (Unknown)
Murniati, Wafiah (Unknown)
Sudyana, Didik (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini membandingkan dua metode yaitu Weighted Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS) dan Simple Additive Weighting (SAW) dalam mengevaluasi kinerja guru. Penelitian ini membahas  sistem pendukung keputusan untuk evaluasi kinerja guru di pondok pesantren darul kamilin, di mana guru memainkan peran penting dalam pendidikan siswa. Selain membahas tinjauan literatur yang relevan dengan metode yang digunakan, penelitian ini juga menentukan tingkat efektifitas kedua metode tersebut dalam evaluasi kinerja guru. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih menyeluruh terkait dengan pemilihan metode evaluasi paling efektif antara WASPAS dan SAW untuk kinerja guru. Evaluasi hasil dari kedua menunjukkan perbedaan pada bagian hasil untuk alternatif A5, A9, A11, A13, dan A14 antara kedua metode yang digunakan. Pada penelitian ini terdapat alternatif dengan nilai tertinggi berada pada alternatif A5(0.986) dan alternatif terendah berada pada alternatif A11(0.841).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

decode

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi adalah jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari. Terbitan dimulai pada bulan Maret 2021 dalam bentuk versi online. Jurnal ini terbit 2 kali setahun yaitu periode Maret dan ...