Al Ilmi
Vol 1, No 1 (2015): Agustus 2015

ANALISIS KONSTRUKSI LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR IPA

aini, Kurratul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2016

Abstract

Tujuan dari studi kasus ini untuk melihat cara guru mengkonstruksi lingkungan belajar dan motivasi siswa dalam belajar IPA. Sampel dalam studi kasus ini adalah guru biologi SMP kelas IX dan siswa SMP kelas IX. Data diambil dengan cara observasi selama proses pembelajaran dan pemberian angket konstruksi belajar dan angket motivasi siswa dalam belajar IPA. Berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran ditemukankan bahwa ketika guru mengajar di kelas, tidak sesuai dengan RPP yang dibuat. Untuk hasil observasi konstruksi lingkungan belajar pada aspek properti kelas, proses kelas, dan struktur kelas ditemukan bahwa guru tidak mengkaitkan antara materi yang sedang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari siswa, belajar tidak kontekstual dan lebih konseptual. Selain itu, tidak ada penguatan yang diberikan kepada siswa, apakah siswa sudah benar-benar memahami materi tersebut atau belum. Dari hasil angket konstruksi belajar dan motivasi belajar siswa dapat disimpulkan bahwa dalam mengkonstruksi lingkungan belajar perlu ada komunikasi antara siswa dan guru agar tercipta lingkungan belajar yang sesuai untuk tujuan pembelajaran baik untuk masa sekarang, masa akan datang dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Lingkungan belajar yang kondusif akan meMotivasi siswa dalam belajar sehingga belajar menjadi lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Alilmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Al 'Ilmi: Jurnal pendidikan MIPA merupakan jurnal multidisiplin yang diterbitkan dengan p-ISSN 2337-3083 dan e-ISSN 2615-4013. Pada tingkat nasional mencakup masalah-masalah umum atau masalah yang berkaitan dengan Biologi dan Pendidikan Biologi, Matematika, fisika dan kimia. Tujuan dari ...