eL.Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 8 No 1 (2024): Juni

DAMPAK KEKERASAN VERBAL PADA ANAK SD DI BIMA

Widayati, Ulfa (Unknown)
Hadijah, Hadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak kekerasan verbal pada anak di Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode studi kasus. Metode penelitian kualitatif sering dikenal sebagai metode naturalistik. Penelitian dilaksanakan di Kota dan kabupaten Bima dengan teknik pengambilan data random sampling. Penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data, dengan sumber data berasal dari guru, orang tua siswa, dan siswa. Kekerasan verbal memiliki dampak yang beragam pada anak di Bima. Beberapa dampak yang dapat ditemukan terkait dampak kekerasan verbal pada anak di Bima di bagai dalam tiga kategori, yaitu dampak kerugian emosional, kerugian fisik, dan kerugian sosial. Dampak kerugian emosional berupa gangguan kesehatan mental dan gangguan perilaku. Kemudian dampak kerugian fisik berupa gangguan tidur (insomnia), nafsu makan berkurang, dan sakit kepala. Lebih lanjut, kategori gangguan terakhir yang ditemukan adalah kerugian sosial, dalam hal ini berupa kesulitan menjalin hubungan dengan orang lain, sulit percaya pada orang lain, dan memiliki kecenderungan menjadi pelaku kekerasan. Gangguan utama yang berdampak langsung dengan kekerasan verbal adalah kerugian emosional. Kerugian emosional ini memengaruhi kerugian lain, seperti kerugian fisik dan kerugian sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eL-Muhbib

Publisher

Subject

Education

Description

eL-Muhbib merupakan jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar dengan ISSN Print: 2614-1051, Online: 2716-5019, yang diterbitkan setiap dua kali setahun oleh Prodi S1 PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah sejak tahun 2017 sebagai media informasi dan pembahasan seputar ...