Perusahaan yang bergerak dibidang layanan investasi di indonesia mengalami beberapa tantangan karena viralnya aplikasi berkedok investasi yang menipu masyarakat, namun terdapat aplikasi investasi reksadana yang tetap banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia terutama di kota Surabaya yaitu aplikasi bibit milik perusahaan PT Bibit Tumbuh Bersama Tujuan penelitian ini adalah mencari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku (Behavioral Intention) pengguna aplikasi bibit berdomisili Surabaya terhadap aplikasi bibit, Metode penelitian menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dari Venkatesh (2003) dengan 4 variabel bebas yaitu Performance Expectancy. Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition, dengan penambahan 2 konstruk yaitu privacy enabler dan privacy inhibitor Bajunaied (2023) dan 1 variabel terikat yaitu Behavioral Intention. Pengambilan sampel menggunakan Teknik NonProbability sampling dengan jenis Purposive Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 400 pengguna aplikasi bibit berdomisili Surabaya. Data penelitian dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan software SmartPLS 3 Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa Performance Expectancy,Effort Expectancy,Social Influence, dan Facilitating Condition, berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention karena bernilai positif dan memiliki p values < 0,5 serta t statistics >1,96
Copyrights © 2024