Penggunaan permainan video sebagai media pembelajaran telah menjadi sangat penting dalam era digital yang berkembang pesat, terutama dalam mengenalkan budaya, sikap, atau lingkungan tertentu kepada anak-anak. Perancangan ini berfokus pada desain karakter dan lingkungan dalam game "Esa The Little Student" sebagai media untuk menanamkan empati dan kesadaran lingkungan di kalangan pemain, khususnya anak-anak dan remaja. Game ini dikembangkan menggunakan kombinasi aset 2D dan 3D, dengan desain karakter yang menekankan sifat-sifat humanis dan lingkungan yang mencerminkan elemen alam serta budaya Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa desain karakter dan lingkungan yang dirancang dengan baik secara signifikan meningkatkan tujuan edukatif permainan, menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna. Namun, tantangan terletak pada mempertahankan minat pemain, terutama terkait dengan konten edukatif yang spesifik terkait dengan lingkungan Universitas Esa Unggul. Studi ini memberikan wawasan tentang efektivitas desain visual dalam permainan edukatif dan menyoroti potensi pengintegrasian elemen budaya untuk meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2024