Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol. 13, No.1, Mei 2015

HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DENGAN BULLYING DI SEKOLAH PADA SISWA SMP

Ningrum, Savi Dia (Unknown)
Soeharto, Triana Noor Edwina Dewayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoriter dengan bullying di sekolah pada siswa SMP. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara pola asuh otoriter dengan bullying di sekolah pada siswa SMP. Semakin tinggi pola asuh otoriter, maka bullying di sekolah akan semakin tinggi, demikian sebaliknya semakin rendah pola asuh otoriter, maka bullying di sekolah akan semakin rendah pula. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama sebanyak 50 orang siswa, dengan usia 12-15 tahun. Alat pengumpul data menggunakan skala yaitu Skala Pola Asuh Otoriter dan SkalaBullying di sekolah. Hasil analisis dengan uji korelasi product moment diperoleh r sebesar 0,428 (p < 0,01). Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh otoriter yang diberikan orang tua dengan bullying anak di sekolah, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

indigenous

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi is a media for Psychology and other related disciplines which focus on the finding of indigenous research in ...