Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pengaruh Model Treffinger Berbantuan Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis: Indonesia

rajab andika (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh model Treffinger berbantuan diorama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu quasi experimental design yang menggunakan posttest only group design dengan populasi yaitu seluruh kelas V SD Negeri 43 Palembang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan kelas V.B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa soal essay yang memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis siswa dengan jumlah 5 butir soal. Soal tersebut sudah memenuhi syarat uji validasi dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t independent sample t-test. Rata –rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang yang diperoleh dari hasil posttest yaitu 83,61 untuk kelas eksperimen dan 73,06 untuk kelas kontrol. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh model Treffinger berbantuan diorama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa V SD Negeri 43 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...