Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 1 (2024): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Di SD 092 Muhammadiyah Jarai

Desta Destriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Abstrak Desta Destriani, Nim:20.05.099 “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Tematik SD 092 Muhammadiyah Jarai” Permasalahan dalam penelitian ini yang peneliti temukan pada observasi awal yakni penggunaan media audio visual perlu memenuhi standar sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah akan tetapi tidak semua sekolah memenuhi standar tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD 092 Muhammadiyah Jarai. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Asosiatif (hubungan) yang menggunakan angket sebagai sumber data. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa SD 092 Muhammadiyah Jarai sebanyak 338, sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari populasi yang ada sehingga sampel penelitian ini berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD 092 Muhammadiyah Jarai. Sebesar 0,970% sedangkan sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Kata kunci: Penggunaan Media Audio Visual, Pembelajaran Tematik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...