Tarjih: Agribusiness Development Journal
Vol. 4 No. 01 (2024): VOLUME 04, NOMOR 01, JUNI 2024

Implementasi Pemasaran Business Model Canvas (BMC) untuk Peningkatan Kemandirian UMKM Lipa’Sabbe di Kabupaten Wajo

Guna Darman (Unknown)
Tri Septiani (Unknown)
Jumadi (Unknown)
Sema (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan dalam menunjang perekonomian suatu negara meningkatkan kesejahteraan melalui kewirausahaan. Lipa’Sabbe merupakan salah satu jenis sarung sutera khas yang dijadikan usaha untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Bugis Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Namun pemasaran produk Lipa’Sabbe masih sangat terbatas dan berdampak terhadap penurunan pendapatan. Terbatasnya pemasaran karena belum mengenal business model canvas (BMC), padahal BMC sudah banyak diterapkan dalam produk makanan dan minuman. Meskipun model BMC sudah diterapkan, namun penerapan pemasaran BMC pada UMKM Lipa’Sabbe belum dilakukan di Kabupaten Wajo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi penerapan pemasaran Lipa’Sabbe menggunakan BMC untuk meningkatkan kemandirian UMKM di Kabupaten Wajo. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2024 di Kota Sengkang Kabupaten Wajo. Informan penelitian ini adalah 1 orang pemilik usaha UMKM Lipa’Sabbe dengan memiliki jumlah karyawan 10 orang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian menggunakan data primer berdasarkan temuan wawancara langsung dengan informan. Analisis data yang digunakan menggunakan kanvas model bisnis yang terdiri dari sembilan blok: segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran, hubungan pelanggan, aliran pendapatan, sumber daya utama, aktivitas utama, kemitraan utama, dan struktur biaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pemasaran BMC membawa manfaat yang signifikan bagi UMKM lipa’ sabbe.Kesimpulan penelitian yaitu upaya  dalam menjaga kuantitas dan kualitas Lipa’Sabbe selalu memerlukan pengelolaan yang baik, peningkatan kemampuan pemasaran untuk mencapai daya saing UMKM yang lebih tinggi, berupaya untuk tetap kompetitif dan mengoptimalkan kinerjanya dengan fokus pengendalian biaya, inovasi, dan efisiensi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

agribisnis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Tarjih: Agribusiness Development Journal resmi terdaftar di Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah (PDDI), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dengan Nomor ISSN 2798 - 0782 (online). Mulai tahun 2021. Tarjih: Agribusiness Development Journal akan terbit dua kali dalam setahun (Juni, dan Desember). Semua ...