Pendampingan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik bisa membaca al-Quran dengan fasih dan benar. Pengabdian ini membahas pendampingan TPQ di SMPN 42 Padang. Pendampingan ini dilakukan dengan enam kegiatan utama: pertemuan dengan kepala sekolah, desain panduan, sosialisasi, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan bahwa kolaborasi yang baik dengan kepala sekolah dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Sosialisasi perlu diberikan kepada peserta didik juga meningkatkan partisipasi mereka dalam kegiatan TPQ. Pelaksanaan pendampingan TPQ ini berjalan lancar dengan pembagian peserta didik ke dalam kelompok berdasarkan kemampuan. Evaluasi hasil pembelajaran memberikan gambaran yang jelas tentang pencapaian peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode akselerasi. Pendampingan ini menyoroti pentingnya evaluasi mendalam terhadap keberhasilan dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan TPQ. Hasil yang diberikan dianggap sudah bagus menjadikan kemampuan peserta didik didalam membaca al-Quran menjadi fasih dan benar. Pendampingan ini berkontribusi penting dalam memahami praktik pendidikan agama Islam di sekolah menengah.
Copyrights © 2024