Matematika merupakan mata pelajaran yang penting dalam kurikulum pendidikan dasar. Namunsering kali peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep sederhana. Mengacu padahasil observasi di kelas II SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya, menemukan permaslaahan yaitu mediayang digunakan oleh guru hanya menggunakan buku yang disediakan sekolah. Penelitian ini termasukpenelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklus mempunyai tahapan-tahapan yang terdiri dari perencanaan,tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang digunakan penelitian yaitu kelas II sebanyak 34 siswa.Presentase ketuntasan hasil belajar pra siklus sebesar 44%, kemudian pada siklus I terjadi peningkatansejumlah 71%, selanjutnya pada siklus dua persentase keberhasilannya meraih angka 88%. Berdasarkanhasil siklus I dan siklus II. Dapat disimpulkan bahwa melalui penelitian adanya media pembelajaran PapanPuzzle Pecahan dengan muatan pelajaran Matematika materi pecahan peserta didik menagalamipeningkatan hasil belajar.
Copyrights © 2023