Salah satu mata pelajaran wajib yang menjadi pondasi pendidikan adalah Matematika, akantetapi siswa sering menganggap Matematika sulit dan kurang bersemangat ketika pembelajaran. Untukmengatasi hal ini, peneliti menggunakan pendekatan yang lebih menyenangkan dengan memanfaatkanplatform media Wordwall sebagai permainan pendidikan (adugame). Penelitian ini bertujuan untukmengidentifikasi perbaikan dalam hasil pembelajaran Matematika pada topik satuan waktu di kelas II ASDN Kaliasin VII/286 Surabaya dengan memanfaatkan platform media Wordwall sebagai edugame.Siklus I mengadopsi pendekatan saintifik model Snowball Throwing, sedangkan siklus II menerapkanpendekatan kooperatif model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Populasi penelitian terdiridari 19 siswa di kelas II A SDN Kaliasin VII/286 Surabaya. Data diambil melalui observasi (pengamatan),dokumentasi serta tes hasil belajar. Data tersebut dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif.Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus siswa memiliki presentase ketuntasan 31,5%dengan 6 siswa tuntas, pada siklus I persentase ketuntasan mencapai 63% dengan 12 siswa tuntassedangkan pada siklus II persentase ketuntasan terjadi peningkatan signifikan sebesar 95% dengan 18 siswa tuntas. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Wordwall secara efektifberkontribusi dalam meningkatkan hasil pembelajaran Matematika mengenai satuan waktu di kelas II A SDN Kaliasin VII/286 Surabaya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023