Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDNSiwalankerto 1 Surabaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus.Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Siwalankerto 1 Kota Surabaya, yang berjumlah 21siswa, dan terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data padapenelitian ini yaitu dengan menggunakan pretest dan postest untuk mengukur hasil belajar siswa.Berdasarkan penelitian dapat diketahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesiamengalami peningkatan mulai dari pra siklus dengan ketuntasan belajar sebanyak 14%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 62% dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Data kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 33%. Dari penghitungan data dapat diketahui penggunaan model Project BasedLearning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD.
Copyrights © 2023