Bahasa arab merupakan mata pelajaran yang menjadi kurikulum wajib di SD Islam Mumtaz Cihideunghilir. Akan tetapi, dengan sistem pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional serta keterbatasan waktu yang ada, membuat siswa kurang mengerti dalam pembelajaran bahasa arab khususnya materi kaidah bahasa arab. Maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat menunjang pembelajaran bahasa arab sebagai media alternatif belajar sekaligus di dalamnya adalah latihan soal. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang dapat memvisualkan materi kaidah atau aturan dalam bahasa arab serta latihan soal sebagai evaluasi siswa. Aplikasi yang dibuat adalah pengenalan kaidah dalam bahasa arab berbasis android yang di dalamnya diterapkan algoritma Linear Congruent Method (LCM) sebagai pengacakan soal. Metode yang digunakan adalah Rational Unified Process (RUP). Perancangan aplikasi ini mengunakan (UML) Unified Model Language. Aplikasi ini dapat digunakan oleh siswa sebagai media alternatif belajar kaidah dalam bahasa arab, yang di dalamnya juga terdapat latihan soal sebagai evaluasi siswa setelah mempelajari materi. Algoritma ini berhasil diterapkan sebagai pengacakan soal dengan jumlah total 176, yang dibagi ke dalam 6 sub bab, masing-masing 29 dengan soal yang keluar adalah 10 soal. Berdasarkan hasil UAT untuk siswa dan guru, didapatkan hasil 76,40%, dengan hasil tersebut, bahwa aplikasi dapat diterima dan membantu dalam pembelajaran bahasa arab.
Copyrights © 2024