PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Vol 8, No 1 (2024): Volume 8 Nomor 1 April 2024

Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Melalui Model Problem Based Learning (PBL)

Masita, Kessy (Unknown)
Rahmandani, Fahdian (Unknown)
Santosa, Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Rendahnya antusias dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran akibat metodologi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang cenderung membosankan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran khususnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-5 SMAN 8 Malang pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Persentase hasil belajar pada pra siklus hanya sebesar 44,4% (16 siswa), dan pada siklus I sebesar 77,8% (28 siswa). Pada siklus II persentase hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,1% (31 siswa). Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan model Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...