Rendahnya antusias dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran akibat metodologi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang cenderung membosankan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran khususnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-5 SMAN 8 Malang pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Persentase hasil belajar pada pra siklus hanya sebesar 44,4% (16 siswa), dan pada siklus I sebesar 77,8% (28 siswa). Pada siklus II persentase hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,1% (31 siswa). Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan model Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024