Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ
Vol 11 No 2 (2024): Mei

UMKM GO-INTERNATIONAL: PEMBUATAN VIDEO PROFIL BILINGUAL SEBAGAI BRANDED-CONTENT SILVIA PIOBANG HANDYCRAFT

Sariani, Sariani (Unknown)
Khairat, Mutia El (Unknown)
Sumira, Sumira (Unknown)
Miladiyenti, Fithratul (Unknown)
Baetty, Baetty (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien merupakan komponen yang substansial setelah tahapan produksi untuk meningkatkan volume penjualan tidak hanya untuk pasar dalam negeri tetapi juga pasar internasional. Silvia Piobang Handycraft, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Padang walaupun sudah mampu menciptakan lapangan kerja dan memberdayakan komunitas disabilitas, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi pemilik dan pegawainya, tetapi masih mengandalkan media promosi konvensional. Tujuan program pengabdian ini untuk menaikkan tingkat pemasaran produk satu usaha kecil, dan pertumbuhan yang berkelanjutan, melalui pemasaran konten dan kesadaran merek dengan video profil bilingual; Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Pembuatan video bilingual ini terdiri dari tiga tahap dimulai dengan pre-production, production, dan post-production. Secara keseluruhan dari hasil tayang awal video profil ini di beberapa media sosial UMKM tersebut seperti Instagram, dan YouTube, menunjukkan strategi pemasaran dengan video bilingual ini terhadap kesadaran merek dan jumlah penjualan adalah signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ppkm

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNSIQ (Jurnal PPKM) merupakan media komunikasi dan desiminasi hasil-hasil penelitian, pengabdian, studi kasus dan ulasan ilmiah (terapan) bagi ilmuwan dan praktisi di bidang sains dan teknologi. Jurnal ini terbit pertama kali pada tahun 2014 dan ...