Journal Civics and Social Studies
Vol. 4 No. 1 (2020): Jurnal Civicos Vol 4 No 1 Tahun 2020

Use Of Inquiry Learning Model Type Expository With Type Discovery Against Learning Outcomes

Ade Suherman (Unknown)
Yuyun Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pembelajaran IPS selama ini masih berpusat kepada guru, sehingga peserta didik akan merasa jenuh dan tidak akan aktif maupun kreatif dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan rumus N-Gain = (skor posttest – skor pretest) dibagi dengan (skor maksimum – skor pretest), yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada 40 peserta didik MA Al-Hasan Babakan Ciamis tahun ajaran 2018/2019 yang dijadikan sebagai sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling (teknik sampling acak sederhana), dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan metode l yaitu thitung sebesar 7,18 dan ttabel sebesar 1,68, (N-Gain 0,31), dan penggunaan metode 2 yaitu thitung sebesar 9,04 dan ttabel sebesar 1,68, (N-Gain 0,37), maka dapat kita ketahui bahwa penggunaan metode 2 lebih tinggi dibandingkan dengan metode 1, artinya perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe discovery lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran inkuuiri tipe expsoitory pada pengukuran akhir (posttest).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

journalcss

Publisher

Subject

Description

Jurnal Civicos (Civics and Social Studies) memiliki Scope dan Fokusnya antara lain pada bidang : 1. Pendidikan dan Pembelajaran 2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3. Pendidikan Politik, Hukum dan Kenegaraan 4. Pendidikan IPS – Social Studies 5. Social Science 6. Humaniora 7. Ilmu Sosial ...