Problematika rendahnya mutu di berbagai lembaga pendidikan. Perubahan sistem tata kelola pembelajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kemajuan suatu bangsa dan kualitas manajemen dan sumber daya manusia. Sistem manajemen pendidikan dalam mengoptimalisasikan proses pembelajaran sangat diperlukan, kedudukan manajemen pendidikan sebagai sistem tata kelola berjalan atau tidaknya kegiatan pembelajaran di sekolah. Sistem yang bersifat sentralistik semacam ini dapat menurunkan kualitas hasil dalam kreativitas dan inovasi serta meminimalkan otoritas pengelola sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis mengenai optimalisasi sistem manajemen pendidikan dan tantangan yang menghambat pelaksanaannya, dalam upaya menciptakan joyful learning. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi dokumentasi, observasi dan wawancara, teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, penyadian data, verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat diidentifikasi bahwasannya strategi dalam mewujudkan optimallisasi manajemen pendidikan diperlukan upaya memberdayakan komite sekolah, dan memaksimalkan kompetensi dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan untuk merealisasikan joyful learning pada peserta didik
Copyrights © 2024