Jurnal Economic Edu
Vol. 5 No. 01 (2024): Juli

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 18 KOTA BENGKULU

Milla, Hilyati (Unknown)
Sazili (Unknown)
Putrika, Elza (Unknown)
Ummi Kalsum (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa dan mengetahui upaya yang digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar IPS siswa kelas VIII di SMPN 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, yaitu teknik deskriptif kualitatif. Sumber data dari guru IPS dan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini dinilai dengan menggunakan pendekatan triangulasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tantangan belajar siswa bersumber dari permasalahan internal, yaitu kurangnya minat belajar dan dorongan belajar. Permasalahan eksternal meliputi beberapa aspek, antara lain lingkungan rumah yang ditandai dengan kurangnya perhatian dan dukungan orang tua terhadap pembelajaran siswa, lingkungan sekolah yang ditandai dengan fasilitas yang kurang memadai, dan lingkungan masyarakat yang dipengaruhi oleh teman sebaya. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan belajar ialah meningkatkan pengelolaan kelas, menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang bervariasi, melakukan evaluasi pembelajaran setiap selesai proses pembelajaran, serta melaksanakan program remedial dan pengayaan secara terus menerus. Kata Kunci: Faktor penyebab kesulitan belajar siswa, upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecoedu

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Focus and Scope The Edu Economic Education Journal offers original articles on economic education. This journal aims to publish and disseminate the results of economic education research and studies conducted by researchers, teachers and practitioners of economic education. Edu Economics Journal ...