Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pemahaman guru mata pelajaran IPS dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 08 Bengkulu Tengah. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka Pada guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 08 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Data diperoleh dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data, teknik yang dilakukan ialah reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan serta verifikasi. Temuan ini membuktikan bahwa: 1) Pemahaman guru Mata Pelajaran IPS dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 08 Bengkulu Tengah dalam menyusun perangkat ajar dan instrumen penilaian sudah dipahami sehingga terciptanya suasana belajar yang menyenangkan, memberi kebebasan siswa dalam mengembangkan kreatifitasnya. 2) Pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP Negeri 08 Bengkulu Tengah ialah mandiri belajar melalui KKTP yakni penjelasan mengenai kemampuan yang perlu ditunjukkan siswa sebagai indikator pencapaian tujuan pembelajaran. Kata Kunci: Pemahaman Guru, Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 08 Bengkulu Tengah.
Copyrights © 2024