Seiring dengan berkembangnya teknologi pada masa sekarang membuat semua sistem yang ada di kalangan masyarakat apalagi sistem yang ada pada lembaga pendidikan kini menggunakan teknologi yang semakin akurat, seperti halnya sistem pengarsipan. Pengarsipan secara manual menyebabkan pengarsipan data yang kurang tertata selalu menjadi kendala, ketika akan dilakukan penilaian kinerja atau akreditasi dan lain sebagainya, mengalami kesulitan dalam mencari data. Pengarsipan dengan cara manual juga bisa menyebabkan kerusakan pada dokumen karena dari banyaknya dokumen yang tertumpuk sehingga dapat menyebabkan dokumen rusak atau hilang, dan memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses pencarian. Oleh karena itu perlu adanya aplikasi yang dapat menjadi solusi dalam proses pengarsipan agar sistem pengarsipan tersusun dengan rapi dan baik sehingga dalam proses pencarian mudah. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengelolaan arsip data di sekolah dan meminimalisir kehilangan serta kerusakan data. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode perancangan ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi literatur. Tahap implementasi melibatkan pengujian internal dan eksternal menggunakan metode Black Box Testing. Hasil pengujian dievaluasi melalui kuesioner dengan skala penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi arsip digital telah berhasil dikembangkan dan sangat layak untuk digunakan dengan persentase penilaian sebesar 86%.
Copyrights © 2024